I made this widget at MyFlashFetish.com.

Sabtu, 06 Agustus 2011

Kesetiaan

"Setia" merupakan kata sederhana dan tidak terlalu istimewa di dengar. "Setia" kata ini sering diasosiasikan dengan 'tuan' dan 'pelayan'; setia mungkin bisa diartikan menuruti dan melaksanakan secara konsisten nilai-nilai yang ditetapkan, hal ini terwujud adanya kesamaan nilai dan penerimaan sepenuh hati. Kesetiaan juga ibarat selaput tipis yang sangat mudah terkoyakan!Ada yang mengatakan setia adalah tidak pernah meninggalkan dalam keadaan apapun, dalam bahagia atau luka, dalam sehat maupun sakit.

Setia adalah sebuah kata yang menjadi impian setiap insan didunia ini; seorang pemuda sangat mendambakan kekasih yang setia, demikian juga sebaliknya; seorang suami/istri merindukan pasanganya itu setia sampai mati; seorang pemimpin perusahaan akan senang dan bangga memiliki karyawan yang sangat loyal dan setia. Dalam kehidupan ini kita pasti  sangat membutuhkan seorang sahabat yang setia, yang gak hanya ada saat kita senang saja. Bagaimanapun, kesetiaan bukanlah sesuatu yang begitu saja, untuk menjadi setia harus melewati proses yang dinamakan kesetiaan, ujian demi ujian, dan itu harus dipupuk sehingga akan menjadi sebuah karakter yang kokoh dan menjadi sebuah Roh yang nyata.Kesetiaan tidak bisa kita raih secara instan tetapi membutuhkan suatu proses yang melelahkan.Kesetiaan itu tidak dapat kita rekayasa, kita tidak dapat membeli kesetiaan dari orang lain. Membeli kesetiaan dengan menggunakan imbalan materi akan menghasilkan sebuah kesetiaan semu.

Sifat yang menonjol dari karakter Allah Yang Maha Kasih itu adalah kesetiaanNya. Allah bukan hanya penuh kasih tetapi Ia juga setia menunjukan kasih-kasihNya. Itulah yang membuat kasihNYa yang tidak bisa disamaain sama kasih manapun yang ada didunia ini.

Seperti didadalam Alkitab tentang tuntunan Tuhan bagi bangsa Israel dipadang gurun, kita bisa melihat bahwa kesetiaan kasih setia Tuhan itu nyata, kasih Tuhan itu bener-bener tidak terbatas. Meskipun banyak pelanggaran yang dilakukan bangsa Israel terhadap Tuhan, bahkan dikhianati dengan penyembahan berhala yang mereka lakukan.Tetapi Tuhan tetap saja setia dengan kasihNya menuntun mereka sampai ke tanah Kanaan. Kita bisa bayangkan perasaan Tuhan terhadap pemberontakan bangsa Israel. Tapi dalam kesedihanNya Ia tetap mengasihi umatNYa dan memberi berkat terbaik bagi mereka. Tidak peduli pada kondisi dan perubahan apapun yang terjadi pada kita, kesetiaanNYa tetap untuk selama-lamanya.

Kesetiaan kita teruji kalau kita diperhadapkan pada masalah dan tantangan hidup. Sama seperti dalam hubungan pacaran bisa terbukti kalau ada godaan atau konflik. Jika dalam lingkungan pergaulan ga ada cewek/cowok lebih cakep jelas aja kita tidak susah untuk setia. Tetapi seandainya bila banyak cewek/cowok yang jauh lebih cakep , ditambah lagi banyak tantangan yang kita hadapi dalam hubungan pacaran kita namun kita tetap aja teguh dengan kesetiaan kita, disitulah terbukti kesetiaan yang sesungguhnya.

Kesetiaan kepada Tuhan pun teruji dengan banyak hal. Uang, kesuksesan, popularitas, kemudahan, kesenangan, waktu bahkan maslah bisa dijadikan ujian terhadap kesetiaan kita.

"Hendaklah engkau setia sampai mati, dan Aku akan mengaruniakan kepadamu mahkota kehidupan."


Tidak ada komentar:

Posting Komentar