I made this widget at MyFlashFetish.com.

Selasa, 16 Agustus 2011

4 KATA KASIH

  1. STORGE ( family love)
    Kata ini menunjukan hubungan kasih di dalam kehidupan keluarga. Kasih yang dimaksudkan adalah kasih antara anggota keluarga. Antara orang tua  sama anak-anaknya dan sebaliknya, adik sama kakak dan kakak sama adik, nenek sama cucunya, dan seterusnya. Jadi, storge khusus dipakai buat hubungan yang ada didalam keluarga atau rumah tangga.
     
  2. EROS ( desire love)
    Kasih ini dipakai untuk hubungan cinta laki-laki dan wanita. Didalemnya terkandung nafsu birahi dan asmara. Sophokles bilang , kata eros itu artinya "kerinduan yang teramat sangat". Walau cinta jenis yang ini, sering disebut cinta hollywood, tapi pada dasarnya kita tidak boleh berkonotasi negatif. Kata ini cuma myebutkan daya nafsu yang ada di dalam cinta manusiawi. Hanya lama kelamaan kata ini memang lebih diartikan sebagai nafsu birahi yang kotor ketimbang cinta yang murni. Kata ini tidak terdapat dalam Perjanjian Baru.
     
  3. PHILIA (friendship love)
    Dalam bahsa Yunani, kalau kata ini dijadikan bentuk partisip (hot philountes) makaartinya adalah 'teman sejati yang terdekat atau akrab'. Kasih yang satu ini menunjukan hubungan yang akrab dan dekat sekali antar sahabat atau teman. Jadi, sifat kasih yang satu ini rada selektif. You can say, "She is my friend but he is not my friend."
     
  4. AGAPE (divine love)
    Kata ini menunjukan kebajikan yang tidak kanal akhir, kebaikan hati yang tidak kenal batas dan kehendak baik yang tidak kenal menyerah. Jadi, bukan cuma kegairahan, bukan nafsu yang pasang surut, dan bukan sentimentalisme yang cengeng atau sekedar feeling. Agape adalah kehendak baik yang tidak tertaklukan. orang yang punya kasih Agape adalah orang yang yang tahu bagaiman bersikap terhadap orang lain. Dan apapun yang orang lain itu perbuat, ia tidak pernah merasa pahit apalagi kecewa. Ia akan selalu berusaha mencari kebaikan tertinggi bagi ornag yang ia kasihi itu dan rela menerima segala kesulitan, segala pesoalan, dan segala susah payang yang menyertai pencarian itu. Dan apapun yang ia lakukan itu benar-benar tulus, tidak berpamrih bahkan tidak memperhitunmgkan sama sekali perlakuan orang lain padanya baik yang merugikan, yang jahat, atau yang menyakitkan.


Tuhan mengasihi kita dengan kasih AGAPE. Kasih yang luar biasa dan dasyat.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar